Teknik Sepeda Motor

Dengan telah diundangkannya kurikulum Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) 2004, maka berarti pendidikan kejuruan di Indonesia
memasuki paradigma baru. Perbedaan yang prinsipil dengan kurikulum
yang lama ialah; kalau kurikulum yang lama pelajaran praktek diberikan
untuk menunjang teori, maka pada kurikulum yang baru pelajaran teori
menunjang praktek sehingga para lulusan mampu menguasai kompetensi
yang relevan dengan dunia kerja. Kolaborasi yang saling menguntungkan
antara sekolah kejuruan dan dunia kerja bidang otomotif mutlak
diperlukan.
Salah satu masalah yang sejak dulu belum terpecahkan adalah
kurangnya buku-buku pelajaran yang secara langsung dapat
dipergunakan oleh para siswa. Buku ini disusun sesuai dengan
kebutuhan kurikulum SMK Tahun 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi
(KBK) dan serta KTSP, dalam bidang Teknologi Sepeda Motor pada
jurusan Otomotif. Sesuai dengan prinsip KBK, maka tidak perlu dihindari
bahwa substansi isi pelajaran tidak lepas dari kenyataan dunia teknologi
sepeda motor di Indonesia yang didmonasi oleh Honda, Yamaha, Suzuki
dan Kawasaki, di samping beberapa merek lain seperti Vespa dan lainlainnya.
Isi buku ini terutama dimaksudkan untuk membantu para siswa
dalam mempelajari dasar-dasar konstruksi dan proses motor bakar.
Uraian sudah diupayakan sesederhana mungkin sehingga mudah untuk
dipahami.
Sebelum memulai bekerja atau melakukan praktek motor, maka
seseorang haruslah terlebih dahulu mengenal dan memahami
keselamatan keja, fungsi serta bagaimana cara bekerja dengan peralatan
dan komponen sepeda motor. Oleh karena itu, maka buku ini juga dapat
dipakai pada kursus-kursus dan bahkan para peminat sepeda motor
sebagai acuanl untuk hobi atau dapat menjadi teknisi yang profesional.
Dalam buku yang sederhana ini tentu saja tidak dapat memenuhi
seluruh konsepdanprinsip berbagai merek sepeda motor yang sangat
bervariasi, model dan tipe. Prinsip kerja dan teknologinya umumnya tidak
banyak berbeda. Untuk keperluan khusus, para peminat dianjurkan
merujuk pada buku petunjuk yang dikeluarkan oleh masing-masing
merek, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lainnya. Kemajuan

teknologi yang sangat cepat menyebabkan perubahan dan inovasi yang
terus menerus terutama pada sistem kelistrikan elektronika dan dan
sistem pembakaran.
Untuk mewujudkan buku ini, penulis mengucapkan terima kasih
kepada banyak pihak, Direktorat Pembinaan SMK, para staf proyek
penerbitan buku, Rektor UNP, Dekan FT UNP dan Ketua Jurusan Teknik
Otomotif atas dukungan moral dan finansial demi terbitnya karya ini.
Selanjutnya, Rahmadani, ST (Penyunting) dan Eko Indrawan, ST yang
telah menyediakan waktu dan tenaga dan melakukan editing bahasa dan
kelayakan isi. Semoga segala bentuk bantuan dan jerih payah yang
diberikan merupakan amal dan ibadah yang mendapat balasan yang
layak dari Allah swt. Penulis mengucapkan penghargaan dan terima kasih
kepada otoritas pemegang merek Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki
dan sumber lainnya, atas izin pengambilan bahan, baik berupa gambar
maupun teknologinya. Semuanya kita lakukan demi kemajuan pendidikan
dan mempersiapkan generasi penerus untuk pembangunan nasional
dalam bidang teknologi. Dengan demikian, para lulusan SMK tidak
mengalami kesulitan dalam penyesuaian antara apa yang dipelajari di
sekolah dengan apa yang ditemukan di dunia kerja.
Akhirnya “tidak ada gading yang tak retak”, maka kritik dan saran
terutama dari rekan-rekan guru, instruktur dan pembaca, kami tunggu
dengan segala senang hati.

Tim Penulis,

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s